Translate

Minggu, 05 Oktober 2014

Mengingat Pertumbuhan Industri di Indonesia Ekspor Gas dan Batu Bara Perlu dibatasi - Dump Truck Makassar


kabar energi


Makassar -  Dump Truck | Alat Berat   - Pemerintah diharapkan dapat membatasi ekspor gas dan batubara karena dinilai besaran komoditas yang dikirim ke sejumlah negara berlebihan. Hal ini diungkapkan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).


"Pembatasan itu perlu segera dilakukan mengingat pertumbuhan industri di Pulau Jawa rata-rata mencapai 12%  per tahun, dan diperkirakan terjadi krisis listrik dua tahun mendatang," kata Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, ditemui usai mengisi Diskusi Publik tentang Kondisi dan Tantangan Kelistrikan Nasional Masa Depan, di Universitas Airlangga Surabaya.

Menurutnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya mampu memasok pertumbuhan listrik 6-8%  per tahun. "Angka tersebut tidak seimbang dengan pertumbuhan industri yang ada," ucapnya. Idealnya, jelas dia, pemerintah lebih banyak memasok gas dan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri dibandingkan ekspor. Namun, hal itu belum bisa terealisasi karena harga kedua sumber energi itu lebih besar ketika dijual ke negara lain.

"Sementara, komposisi energi gas dan batu bara yang diekspor ada 70% dengan kualitas yang bagus, sedangkan untuk konsumsi dalam negeri adalah 30% dengan kualitas yang rendah," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun sama2..!
Pilih : (Anonymous)

Popular Posts

Komentar Terbaru