Translate

Sabtu, 20 September 2014

Dump Truck berbahan bakar gas lebih hemat.


JAKARTA – Rencana pemerintahan baru hasil Pemilu menaikkan harga jual bahan bakar bersubsidi dijawab brand truk Shacman dengan menawarkan truk berbahan bakar gas (CNG).
Truk yang bermain di kategori III ini untuk pertama kalinya mereka perkenalkan kepada media dan masyarakat umum di hari pertama pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (18/9/2014).
Berbeda dengan truk biasa yang menggunakan konverter, truk ini 100 persen didesain menggunakan bahan bakar CNG. Tabung CNG ditempatkan pada bagian belakang kabin truk dan di sisi samping kanan sasis bagian depan.
Satrio Murshandi, Direktur Sales dan Marketing PT Shacmindo Perkasa, agen tunggal pemegang merk truk Shacman di Indonesia dari Shaanxi Automobile Group Co. Ltd, di Tiongkok, mengatakan, truk ini menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 66 persen lebih hemat ketimbang truk konvensional yang mengasup solar.
Truk ini di-assembly dengan mengkombinasikan teknologi terbaik dari sejumlah vendor ternama dunia. Misalnya, mesinnya menggunakan mesin Cummins dari Amerika Serikat dengan opsional bisa menggunakan mesin Weichai dari Tiongkok.
Sasisnya, menggunakan sasis pasokan dari pabrikan truk dan bus MAN dari Jerman, axel-nya menggunakan axle dari Hande Axle, perusahaan terkemuka produsen axle dari Tiongkok, dan gearbox-nya dipasok oleh Fast, produsen gearbox terbesar di Tiongkok.
"Harga bahan bakar gas lebih murah dari solar. Mesin menjadi lebih bersih, nilai oktan tinggi, pembakaran juga lebih sempurna sehingga menekan biaya perawatan jika para pengusaha angkutan menggunakan truk ini," ujar Satrio.
Satrio mengklaim, tabung dan konverter kit pada truk ini sudah memenuhi standar keamanan dunia. Di truk ini juga sudah terpasang safety valve dan solenoid valve yang mengatur tekanan berlebih pada equipment dan sistem perpipaan. Dengan demikian mampu mencegah kerusakan equipment sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan saat truk dioperasikan.
Varian yang diperkenalkan di IIMS 2014 kali ini adalah varian tractor head penarik trailer 6x4 bertenaga 350 HP CNG yang dilepas seharga 96.700 dolar AS dan dump truck 6x4 380 HP CNG dengan harga jual 99.900 dolar AS. Menurut dia, sejumlah operator angkutan seperti di Sumatera sudah memesan truk ini untuk angkutan hauling batubara. "Harga ini masih off the road semua," ujar Satrio.
Satrio juga menjamin dukungan after sale service dengan menyediakan stok suku cadang fast moving di warehouse jika klien membutuhkan setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mhon berikan komentar buat blog ini biar bisa membangun sama2..!
Pilih : (Anonymous)

Popular Posts

Komentar Terbaru